Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tahun Ini Kalteng Harus Siap Hadapi Karhutla

  • 14 Januari 2020 - 21:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tahun ini pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), kabupaten, dan kota harus lebih siap menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang merupakan bencana yang setiap tahun terjadi saat musim kemarau.

Terlebih lagi menurut perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tahun ini wilayah Kalteng akan mengalami kemarau kering.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengatakan kemarau kering jauh lebih bahaya dari pada kemarau basah.

Apalagi Kalteng merupakan salah satu wialayah Indonesia yang kerap terjadi Karhutla. Untuk itu pemerintah kabupaten dan kota diminta lebih siap.

"Tahun ini semua kabupaten/kota harus sudah siap. Saya sudah minta kepada bupati/wali kota untuk siapkan alat pemadam portebel dan bergerak, embung, dan sekat kanal. Semua persiapan ini diperkuat," ujarnya, Selasa 14 Januari 2020.

Dia mengharapkan jangan sampai Karhutla parah yang terjadi di 2015 terulang kembali. Meski di 2019 masih terjadi kebakaran, namun diharapkan tahun ini semua bisa teratasi dengan baik.

"Pada 2019 Karhutla kembali terjadi akibat ulah manusia, meski tidak separah pada 2015, karena masih ada hujan, namun diharapkan jangan sampai terjadi tahun ini," tandasnya. (AGUS/B-6)

Berita Terbaru