Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesawaran Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Obyek Wisata Bukit Batu Katingan Terus Dikembangkan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 14 Januari 2020 - 21:42 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Obyek wisata Bukit Batu di Desa Bukit Batu Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan bakal terus dikembangkan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata Kabupaten Katingan, Mido S Mahar mengatakan sejauh ini memiliki banyak tempat yang bisa dikembangkan sebagai obyek wisata alam andalan.

Tapi kemampuan keuangan daerah menjadi alasan mengapa sejumlah tempat obyek wisata itu hingga kini masih belum dikembangkan secara maksimal.

Namun untuk obyek wisata Bukit Batu yang merupakan tempat pertapaan atau persembunyian pahlawan nasioanal Tjilik Riwut pada zaman penjajahan, dalam waktu dekat ini bakal dikembangkan dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) dari APBN.

"Dana DAK untuk pengembangan obyek wisata Bukit Batu tahun anggaran 2020 ini sebesar Rp 3 miliar lebih," tuturnya.

Pihaknya telah mengusulkan ke pusat terkait pengembangan obyek wisata Bukit Batu hingga kemudian disetujui pada tahun anggaran 2020.

Selain untuk pembuatan jalan di areal Bukit Batu, anggaran yang diberikan pemerintah pusat itu juga untuk melengkapi sarana dan prasarana lainnya.

"Tahun ini obyek wisata alam di Kabupaten Katingan yang dikembangkan hanya Bukit Batu, sedangkan lainnya masih belum karena terbentur dana APBD yang minim," ujarnya.

Mido mengaku obyek wisata alam lainnya di daerahnya yang dinilai potensial untuk dikembangkan yakni Danau Mare Kecamatan Katingan Tengah, Unggu Alas di Kecamatan Kamipang, dan Desa Budaya Betung di Katingan Hilir. (ABDUL GOFUR/B-6)

Berita Terbaru