Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Timor Tengah Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPR Puji Gebrakan Mendikbud Nadiem Makarim

  • Oleh Inilah.com
  • 15 Januari 2020 - 10:10 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Komisi X DPR memuji 'gebrakan' terbaru Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim yang bersedia berkolaborasi dengan platform film digital Netflix.

"Jika tujuannya untuk menyebarkan semangat Pancasila dan memajukan kebudayaan nasional melalui film, terutama di generasi muda, maka harus diapresiasi," ujar Ketua Komisi X DPR Hetifah Sjaifudian, Selasa (14/1/2020).

Hetifah menuturkan, era kini adalah masanya media digital. Sehingga amat tepat bila menyusun strategi penyebaran konten Pancasila dan budaya dengan memanfaatkan platform media digital seperti Netflix.

Menurut Hetifah, sinergi Kemendikbud dan Netflix dapat dikategorikan strategi yang tepat. Pasalnya, ucap Hetifah, Netflix merupakan platform yang chanel digandrungi generasi muda dan chanelnya banyak ditonton.

"Generasi muda sekarang mayoritas sukanya menonton tayangan berbasis streaming seperti Netflix. Di situ bisa ditanamkan nilai Pancasila sambil bekerjasama dengan sineas muda Indonesia," kata Hetifah.

Sedangkan penggiat film Sheila Timothy mengungkapkan, kerja sama Kemendikbud dan Netflix bakal membawa banyak dampak positif, khususnya kepada sineas muda bertalenta.

"Inovasi-inovasi yang terus dihasilkan Kemendikbud seperti ini akan mendorong tumbuhnya ekosistem kreatif Indonesia, mendorong pembuat film Indonesia umengekspor lebih banyak produk kreatif ke luar negeri," ujar Sheila.

Kolaborasi antara Kemendikbud dan Netflix diprediksi juga akan menjadikan Indonesia sebagai tujuan negara pembuat konten film internasional guna memproduksi karya yang menonjolkan nilai budaya bangsa.

Sebelumnya, Nadiem Makarim membuka sinergi dengan Netflix untuk mendukung karya film nasional lebih banyak lagi. Nadiem berharap, dengan kemitraan Kemendikbud dan Netflix bakal mendongkrak produksi film buatan anak bangsa ke level internasional.

Selain itu, Nadiem menganggap, kemitraan dengan Netflix akan makin menggugah serta menekankan nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari kalangan generasi milenial.

(INILAH.COM)

Berita Terbaru