Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumbawa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala BPBD Sebut Ada 62 Titik Rawan Banjir di Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 15 Januari 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok – Kepala BPBD Barsl, Alip Suraya menyebut ada 62 titik di wilayah Barito Selatan rawan banjir pada musim penghujan. Ini disampaikan kepada Borneonews pada Rabu, 15 Januari 2020.

“Berdasarkan data pemetaan kita dan Polres Barsel ada 62 titik di wilayah desa di Barito Selatan rawan banjir. Namun, masyarakat jangan terlalu khawatir karena potensi banjirnya tidak berlebihan,” kata Alip Suraya.

Dia menuturkan, di wilayah Barsel setiap tahunnya mengalami banjir tapi tidak berlebihan. Masyarakat khusunya di DAS Barito sebagian menginginkan air pasang yang menjadi berkah.

Contohnya, sambung dia, jika air pasang ikan-ikan masuk ke sungai-sungai kecil, masuk ke beje dan lain-lainnya sehingga dapat menjadi cadangan untuk dikonsumsi.

“Asalkan air pasang jangan berlebihan atau menyebabkan banjir. Sekali lagi masyarakat jangan khawatir meski ada 62 titik rawan banjir karena kita siap siaga untuk menghadapi bencana,” ungkapnya.

Ia kembali menegaskan bahwa telah melakukan pemetaan termasuk desa maupun kecamatan di DAS Barito yang rawan banjir. Terutama di bawah daerah Mangkatip dan Jenamas.

“Pemerintah juga telah menyiapkan logistik untuk menghadapi bencana banjir ini sebanyak 100-200 ton bantuan beras di DSPMD,” beber dia.

Ia menambahkan, untuk menentukan siaga maupun darurat bencana, bantuan-bantuan beras tersebut nantinya ditempatkan di posko-posko yang telah ditentukan. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru