Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sibolga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Kobar Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Calon Jemaah Haji

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 15 Januari 2020 - 16:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka memberikan perlindungan terhadap jemaah haji agar tetap sehat dan lancar dalam ibadahnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kobar, melakukan pemeriksaan awal terkait kebugaran dan kesehatan calon jemaah haji.

Hal ini dilakukan untuk mewujudkan istithaah (kemampuan) kesehatan jemaah haji. Sebab, kesehatan merupakan satu dari tiga syarat istitaah dalam melaksanakan ibadah haji, yaitu pengetahuan, ekonomi, dan kesehatan.

Plt Dinkes Kobar Ahmad Rois melalui Kabid Kemas Dinkes Kotawaringin Barat Syamsuddin mengatakan, jemaah yang berangkat harus memenuhi syarat istithaah dari aspek kesehatan meliputi kesehatan fisik dan mental yang terukur, dengan pemeriksaan yang dapat dipertanggungjawabkan.

"Dengan demikian, jemaah haji dapat menjalankan ibadahnya sesuai tuntunan Agama Islam, dan dapat lancar dengan kondisi sehat walafiat," ucapnya, Rabu, 15 Januari 2020.

Calon jemaah haji mendapatkan pelayanan kesehatan sekurang-kurangnya 3 bulan sebelum berangkat ke tanah suci. Apabila ada yang menderita sakit kronis dan akut maka akan dirujuk ke rumah sakit sekunder untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kegiatan pengukuran kebugaran calon jemaah haji di Dinas Kesehatan Kobar, Jalan Cilik Riwut 2 Desa Sidorejo Kecamatan Arsel, diikuti 125 calon jemaah haji.

"Mengingat sisa waktu yang ada kurang lebih 3 sampai 4 bulan, maka sebisa mungkin dilakukan pengecekan kesehatan secara optimal, sehingga kebugarannya dapat dilihat dan terkontrol," tutupnya. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru