Disdukcapil Kapuas Permudah Pelayanan Lewat Program Ini

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Januari 2020 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil Kabupaten Kapuas terus berupaya untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat lewat sejumlah programnya.

Selain aktif melaksanakan program jemput bola perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik atau KTP-El, pihaknya juga mempunyai program simpun admnistrasi yang kepanjangannya berbahasa dayak yakni sinde muhun uras dinun.

"Program Simpun ini diluncurkan pada 2019 lalu, yang berarti sekali turun semua didapat," ucap Sekretaris Disdukcapil Kapuas Sipie S Bungai, Rabu, 15 Januari 2020.

Lebih lanjut, ia menyebutkan dengan adanya program tersebut maka sekali turun ke lapangan, seluruh dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), KTP-El, akta nikah, akta kelahiran anak, dan kartu indentitas anak bisa langsung diurus.

Sehingga, lanjut dia, akan mempermudah pekerjaan dan mampu menyelesaikan banyak berkas yang berkaitan dengan data kependudukan.

“Dalam sehari banyak berkas kependudukan tersebut yang bisa diurus bagi masyarakat dibuatkan dalam satu kegiatan,” tuturnya.

Ia menambahkan, program tersebut pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Timpah. Langkah ini mendapatkan respon sangat baik dari masyarakat. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru