Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Bappeda Pulang Pisau Ingatkan SOPD Jangan Rubah Program Setelah Diverifikasi

  • Oleh Muhammad Badarudin
  • 15 Januari 2020 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Pulang Pisau, Juman mengingatkan satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) jangan merubah program yang sudah diverifikasi.

Karena program yang sudah diverifikasi adalah program yang sudah lolos dan dianggap selaras dengan RPMJD. 

Juman mengatakan dalam penyusunan program harus berdasarkan RPMJD. Baik dalam penyusunan Renstra atau Renja. 

"Kami di Bappeda itu biasanya program yang dilaksanakan SOPD itu diverifikasi dulu. Setelah diverifikasi akan dikembalikan. Nah jangan sampai setelah diverifikasi itu ada yang dirubah lagi programnya," kata Juman, Rabu 15 Januari 2020. 

Dia membeberkan, program itu biasanya masuk ke Bappeda. Kemudian, diverifikasi untuk mengecek program yang sudah disusun SOPD. 

"Jika program itu sama sekali tidak selaras dengan RPJMD maka berkas perencanaan SOPD itu akan dikembalikan. Kami akan meminta instansi yang bersangkutan untuk memperbaiki program tersebut dan menyelaraskan dengan RPJMD," ujarnya. 

Juman mengungkapkan Bappeda itu salah satunya fungsi kontrol program-program SOPD. Dia mengingatkan, SOPD dalam menyusun program harus mendukung agar visi misi kepala daerah tercapai. 

"Jadi semua program harus selaras dengan RPJMD. Supaya visi misi kepala daerah bisa tercapai," ungkapnya. (M.BADARUDIN/B-6)

Berita Terbaru