Pemprov Kalteng akan Rancang Terobosan Pengembangan Perkebunan

  • Oleh Agus Priyono
  • 15 Januari 2020 - 20:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan berusaha merancang terobosan baru sebagai langkah pengembangan disektor perkebunan.

Gubernur Kalten, Sugianto Sabran mengatakan terobosan ini perlu dilakukan agar masyarakat tidak hanya bergantung pada satu jenis perkebunan saja yakni kelapa sawit.

Dia khawatir jika terlalu bergantung pada satu komoditi saja dapat berdampak pada penuruan harga dipasaran dan tentunya akan berdampak pada kerugian yang dialami masyarakat itu sendiri.

Untuk mengantisipasi kemungkinan ini maka dia akan membuat terobosan dengan mencari alternatif untuk membuat perkebunan yang lain.

Dalam membuat trobosan ini pihaknya meminta bantuan kepada pemerintah pusat, dalam bibit kelapa, kopi, kakao, dan karet. 

Apabila ini dikembangkan, maka perkebunan masyarakat Kalteng tidak hanya bergantung dengan sawit. Dan tentu saja akan lebih berkualitas, karena bibit-bibit yang diberikan pemerintah pusat tentunya adalah bibit unggul dengan kualitas yang baik.

"Kita harapkan dengan adanya bibit unggul ini taraf hidup masyarakat Kalteng kedepannya akan lebih baik lagi, terutama warga yang mengantungkan hidupnya di sektor perkebunan," jelasnya, Rabu, 15 Januari 2020. (AGUS/B-6)

Berita Terbaru