Masayrakat Gunung Mas Diimbau Cegah DBD dengan Cara 3M Plus

  • Oleh Hendra
  • 15 Januari 2020 - 22:22 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas mengimbau masyarakat untuk mencegah penyakit DBD dengan cara 3M plus atau menutup, menguras dan mengubur benda tempat berkembang biaknya nyamuk.

"Gerakan 3M plus ini sengat mudah dilakukan guna mencegah DBD. Saya harap seluruh masyarakat paham akan bahaya DBD," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Gunung Mas, Elvenie, Rabu 15 Januari 2020.

Ia meyebut berdasarkan data 2020 sudah ada 5 warga yang positif kena DBD. Di antaranya 2 orang dari Puskesmas Kurun, 1 orang dari Puskusmas Tewah, 1 orang dari Puskesmas Rungan dan 1 orang dari Puskesmas Kahayan Hulu Utara.

Oleh sebab itu ia mengimbau masyarakat selalu waspada terhadap penyaki DPB dengan cara melakukan gerakan 3M plus.

Selain itu pencegah bisa dilakukan dengan mengunakan kelambu saat tidur dan menaburkan bubuk abate ke penampungan air serta menggunakan obat anti nyamuk.

Adapun ciri penyakit DBD ini yakni mengalami bintik kemerahan di tubuh dan mengalami demam tinggi.

Bila terinfeksi penyakit tersebut, ia lanjutkan agar segara melakukan pencegahan dini dengan perbanyak minum air putih dan minum obat penurun demam.

"Lalu memeriksa diri ke puskesmas atau rumah sakit terdekat guna pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut," tuturnya. (HENDRA/B-6)

Berita Terbaru