Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malaka Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kotim Sesalkan Banyak Pengendara Angkutan CPO Ugal-ugalan

  • Oleh Naco
  • 16 Januari 2020 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo menuding banyak oknum pengendara truk angkutan CPO yang berkendara secara ugal-ugalan. Dia pun menyesalkan hal tersebut. 

Terkait itu, Handoyo menegaskan, instansi terkait seperti Dinas Perhubungan Kotim agar memberikan teguran kepada seluruh usaha angkutan CPO.

“Jalanan saat ini nyaris dikuasai angkutan truk CPO. Mereka kalau sudah menggunakan jalan pasti dengan kecepatan tinggi, tidak bisa mendahulukan kepentingan pengendara lainnya,“ kata Handoyo, Kamis, 16 Januari 2020.

Handoyo mengaku kesal dengan sejumlah oknum sopir truk CPO tersebut. Dia menyaksikan ulah pengemudi truk-truk ukuran besar itu saat melintas di jalan umum. 

Menurutnya, harusnya bisa dipikirkan solusi pengalihan jalur. Seluruh perusahaan yang memiliki angkutan CPO menuju ke Pelabuhan Bagendang sekiranya diwajibkan membangun jalan khusus. Dengan begitu mereka tidak lagi masuk dalam jalan umum. 

Entah itu secara konsorsium atau sharing dengan dana pemerintah kabupaten. Supaya mengurai kepadatan lalulintas ini. Sehingga angkutan CPO tidak lagi melalui jalan-jalan umum.

Handoyo juga mendesak agar di daerah luar kota dibangun pos pemantau lalulintas. Setidaknya untuk memonitor kendaraan yang menggunakan jalur umum. 

Bahkan kata politisi partai Demokrat itu jika di atas 8 ton muatan sumbu terberat (MST) itu  harus ditindak tegas, supaya jalan ini tidak cepat rusak.(NACO)

Berita Terbaru