Pemkab Kobar Siap Dukung Pembangunan Pangkalan TNI AL

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Januari 2020 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) siap mendukung rencana pembangunan sejumlah fasilitas penunjang pangkalan TNI AL guna perkuat pertahanan.

Dukungan ini disampaikan Bupati Kobar, Nurhidayah saat tabur bunga di Pelabuhan Panglima Utar Kumai beberapa waktu lalu.

Pemkab Kobar akan terus melakukan pendekatan secara bertahap sesuai rencana strategis TNI AL, sehinggga dengan berdirinya Lanal akan menambah kekuatan dari segi pengawasan, pengamanan, dan pertahanan.

"Rencana pembangunan Lanal ini sangat bagus sekali apalagi di Kobar sudah ada TNI AD, TNI AU, Polres, dan tentunya. Dengan adanya Lanal nanti akan semakin lengkap dengan TNI AL dan ini nantinya satu - satunya di Kalteng yang lengkap dengan armada TNI-nya," ujarnya.

Nurhidayah mengaku sudah bertemu dengan perwakilan TNI AL untuk membahas bagimana proses pembangunannya dan seperti apa. Salah satu yang menjadi kendala masalah ialah, aset yang belum disepakati.

Pembangunan Lanal dilakukan sejalan dengan penetapan wilayah sebagai lokasi pembangunan, apalagi dengan pemindahan ibu kota negata (IKN) di Pulau Kalimantan. Kemudian salah satu alternatif di Kalteng adalah Kecamatan Kumai, sehingga bisa menjadi tim ketahanan Angkatan Laut yang ada di Kobar.

Sementara itu Komandan Pos AL Kumai Letda Laut (P) Ms Rio Kusuma mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian Pemkab Kobar. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru