Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Presiden Terpilih Taiwan: China Harus Hormati Taiwan!

  • Oleh Inilah.com
  • 17 Januari 2020 - 06:40 WIB

INILAHCOM, Taipei - Presiden terpilih Taiwan untuk masa jabatan kedua, Tsai Ing-wen, mengatakan bahwa China harus 'menghadapi kenyataan' dan menunjukkan rasa hormat kepada negaranya.

Tsai memperoleh suara mutlak dalam pemilihan presiden Taiwan setelah menitikberatkan ancaman Beijing terhadap Taipei dalam kampanyenya.

Partai Komunis China sejak lama mengklaim kedaulatan atas Taiwan dan berhak mengambilnya secara paksa jika diperlukan.

Namun, Tsai berkeras bahwa Taiwan punya kedaulatan penuh yang tidak bisa dinegosiasikan.

"Kami tidak punya keperluan untuk mendeklarasikan diri kami sebagai negara merdeka. Kami sudah menjadi negara merdeka dan kami menyebut diri kami sebagai Republik China, Taiwan," kata presiden perempuan berusia 63 tahun itu dalam wawancara eksklusif dengan BBC.

Pernyataan semacam itu membangkitkan amarah Beijing, yang menghendaki prinsip 'Satu China'. Prinsip tersebut juga digaungkan rival Tsai dalam pilpres, Han Kuo-yu, dari Partai Kuomintang.

Partai itu berakar dari kaum nasionalis yang kalah dalam perang sipil China dan kemudian kabur ke Taiwan, namun masih memandang pulau tersebut sebagai bagian dari China daratan.

Dalam beberapa tahun terakhir, prinsip 'Satu China' terbukti sebagai kompromi yang berguna, seperti dipaparkan para pendukungnya di Taiwan.

Pemerintah China berkeras penerimaan prinsip itu adalah syarat awal bagi hubungan ekonomi dengan Taiwan lantaran pengakuan pada prinsip tersebut sama saja membantah keberadaan Taiwan sebagai negara de facto.

Akan tetapi, Tsai meyakini kemenangannya merupakan bukti bahwa hanya sedikit rakyat Taiwan yang mengakui prinsip 'Satu China' dan ambiguitasnya pada status Taiwan sebenarnya.

"Situasinya telah berubah. Ambiguitasnya tak lagi melayani tujuan awalnya," paparnya.

Berita Terbaru