Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menteri Perindustrian Ingin Industri Pengolahan Genjot Ekspor

  • Oleh Inilah.com
  • 17 Januari 2020 - 10:40 WIB

INILAHCOM, Jakarta - Industri pengolahan konsisten berkontribusi terbesar, ekspor nasional menyumbang devisa US$126,57 miliar, atau 75,5% dari total ekspor Indonesia yang menyentuh US$167,53 miliar pada Januari-Desember 2019.

"Pemerintah memang sedang fokus menggenjot nilai ekspor untuk memperbaiki neraca perdagangan kita. Oleh karena itu, sektor manufaktur memiliki peranan yang sangat penting guna mencapai sasaran tersebut," kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (31/1/2020).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), lima sektor yang memberikan kontribusi terbesar terhadap capaian nilai ekspor industri pengolahan sepanjang 2019, yaitu industri makanan menyumbang (21,46%), industri logam dasar US$17,37 miliar (13,72%), industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia tercatat US$12,65 miliar (10%), industri pakaian jadi menembus US$8,3 miliar (6,56%), serta industri kertas dan barang dari kertas yang menyetor US$7,27 miliar (5,74%).

Adapun lima negara tujuan utama ekspor produk manufaktur Indonesia pada periode Januari-Desember 2019, yakni ke Amerika Serikat (13,64%), China (13,48%), Jepang (8,7%), Singapura (6,94%), dan India (5,17%). "Pemerintah terus berupaya memperluas pasar ekspor, terutama ke negara-negara nontradisional," kata kader Partai Golkar ini.

Kang AGK, sapaan akrab Agus Gumiwang Kartasasmita ini mengatakan, berbagai langkah strategis telah dijalankan oleh Kementerian Perindustrian dalam upaya meningkatkan nilai ekspor dari sektor industri pengolahan. Upaya itu di antaranya adalah pembinaan industri melalui peningkatan daya saing dan penyiapan produk unggulan.

"Kemudian, pemanfaatan Free Trade Agreement (FTA) seperti percepatan negosiasi FTA, perluasan ke pasar nontradisional, dan inisiasi FTA bilateral sesuai kebutuhan industri," sebut putra pejabat era Orba, Ginandjar Kartasasmita ini.

Di samping itu, dilaksanakan program promosi internasional melalui pendampingan promosi dan ekspor, peningkatan kapasitas produsen untuk ekspor, serta melakukan link and match dengan jejaring produksi global. "Perlu juga dukungan fasilitas seperti fasilitasi pembiayaan ekspor, pendampingan kasus unfair trading, dan penurunan hambatan ekspor (NTMs)," kata Agus

Ia juga menambahkan Indonesia sebagai negara mitra resmi (official partner country) pada ajang Hannover Messe 2020, bisa menjadi momentum baik untuk memperkenalkan kesiapan industri Indonesia di era Industri 4.0, mempromosikan kerja sama investasi dan ekspor sektor industri, serta memperkuat kerja sama bilateral dengan Jerman maupun dengan negara-negara lain yang berorientasi pada inovasi teknologi.

"Ajang ini penting untuk Indonesia tidak hanya karena sebagai negara pertama di ASEAN yang menjadi Official Partner Country, tetapi juga mendukung upaya national branding atas posisi Indonesia sebagai salah satu kekuatan baru ekonomi dunia dan pemain manufaktur global," kata Agus. [INILAHCOM/tar]

Berita Terbaru