Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Utara Minta Desa Prioritaskan Pencegahan Stunting

  • Oleh Ramadani
  • 17 Januari 2020 - 20:36 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Bupati Barito Utara, Nadalsyah meminta kepada desa memprioritaskan pembangunan kesehatan masyarakat dan salah satunya pencegahan stunting.

Dikatakan Nadalsyah, Jumat 17 Januari 2020, pencegahan stunting ini berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa, khususnya pada bab II Pasal 6 ayat 3 hurup e yang mengatur tentang prioritas penggunaan dana desa untuk pencegahan stunting.

Pemerintah pusat melalui Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa menegaskan kepada Gubernur dan bupati seluruh indonesia dalam hal konvergensi pencegahan stunting di desa.

“Dalam pencegahan stunting ini agar gubernur dan bupati seluruh Indonesia untuk melakukan langkah seperti memastikan penggunaan dana desa tahun 2020 agar diprioritaskan untuk membiayai pencegahan stunting pada sasaran rumah tangga 1.000 hari pertama kehidupan,” katanya.

Selain itu memfasilitasi konvergensi atau keterpaduan intervensi untuk pencegahan stunting di desa dengan cara meningkatkan kualitas perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan desa.

Memastikan penetapan peraturan bupati tentang daftar kewenangan desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa.

Kemudian memastikan pembentukan kader pembangunan manusia (KPM) dseluruh desa yang merupakan salah satu perwakilan dari unsur guru PAUD, kader posyandu atau kader pemberdayaan masyarakat desa lainnya yang nantinya mendapatkan insentif dari APBDesa. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru