DPRD Gunung Mas Imbau Masyarakat Jaga Cagar Budaya 

  • Oleh Hendra
  • 17 Januari 2020 - 20:56 WIB

BORNEONEWS,  Kuala Kurun - Anggota DPRD Gunung Mas, Yuniwa mengimbau masyarakat untuk menjaga dan memelihara berbagi macam cagar budaya peninggalan dari para leluhur. 

"Cintai dan jaga warisan leluhur,  jangan sampai warisan berupa cagar budaya seperti betang atau yang lainnya diabaikan begitu saja," ujarnya,  Jumat 17 Januari 2019.

Menurutnya di Bumi Habangakalan Penyang Karuhei Tatau banyak memiliki warisan leluhur, berupa cagar budaya dan keberadaannya tersebar diberbagai kecamatan di Kabupaten Gunung Mas. 

Adapun cagar budaya itu di antara Sundung Tambun Tahunjung terletak di Kelurahan Sepang Simin,  Betang Toyoi di Desa Tumbang Malahoi,  Betang Damang Singa Kenting di Desa Tumbang Korik serta Betang Damang Batu di Desa Tumbang Anoi. 

Selain itu Kabupaten Gunung Mas juga memiliki beragam adat istiadat, budaya dan kesenian karungut yang didalamnya termuat pesan-pesan membangun. 

"Jadi kita sebagai masyarakat khususnya suku Dayak  harus berbangga, sebab kita memiliki bergam cagar budaya, adat istiadat, budaya,  dan kesenian daerah," tuturnya. 

Politisi Partai Golongan Karya Itu berharap, warisan dari leluhur tersebut dapat digali dan kemas secara menarik. Pasalnya semua itu memilik potensi untuk manarik minat wisatawan lokal maupun luar daerah. (HENDRA/B-6)

Berita Terbaru