Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MoU Pemprov Kalteng dan Swasta Diharapkan Bisa Kurangi Resiko Bencana Karhutla

  • 17 Januari 2020 - 21:22 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama pihak swasta telah melakukan pendatanganan MoU atau nota kesepahaman penanggulangan bencana banjir, puting beliung, dan tanah longsor (Bantingsor) dan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan dengan penandatangan MoU dengan swasta ini sebagai salah satu wujud dan peran serta pemerintah dalam upaya menekan resiko terjadinya bencana.

Dia menambahkan dengan semakin banyaknya pihak yang paham dan sadar akan kebencanaan. Bukan hanya mengurangi bahkan menghilangkan resiko bencana.

"Kami sudah menandatangai MoU dengan pihak swasta, karena karena semakin banyak yang paham akan kebencanaan maka semakin kecil kemungkinan terdampak bencana," ujar Sugianto, Jumat, 17 Januari 2020.

Dia menambahkan masalah penangulangan bencana bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, sehingga diperlukan juga dukungan dan partisipasi dari masyarakat.

"Penanggulangan bencana itu urusan bersama. Jangan hanya dibenbankan kepada pemerintah saja, jadi perlu juga dukungan dan partisipasi dari dunia usaha dan masyarakat," tandasnya. (AGUS/B-6)

Berita Terbaru