Gubernur Kalteng Imbau Semua Pihak Maksimalkan Pencegahan Karhutla

  • Oleh Agus Priyono
  • 17 Januari 2020 - 21:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran mengimbau masyarakat untuk memaksimalkan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Sugianto mengatakan jika pencegahan dengan sosialisasi pun harus melibatkan bebagai pihak, bukan hanya pemerintah saja. Di antaranya ketua  RT, Kades, Damang, Mantir, masyarakat peduli api (MPA), Tagana, TNI, dan Polri.

Dia menambahkan jika sosialisasi tersebut harus sudah dilakukan beberapa bulan sebelum musim kemarau melanda wilayah Kalteng, terlebih kalteng dikabarkan akan dilanda kemarau kering.

"Harapan saya 2 bulan sebelum masuk kemarau kerung itu sudah mulai pencegahan dengan sosialisasi dengan melibatkan, RT kades, damang, mantir, ada MPA, tagana, TNI Polri itu harus sosialiasi," ujarnya, Jumat, 17 Januari 2020.

Pemprov Kalteng menyiapkan dana Rp 20 miliar dalam menghadapi Karhutla dan diharapkan dana tersebut dapat menangani karhutla sekaligus membantu daerah yang berdampak parah bencana karhutla.

"Kami dari provinsi sudah menyiapkan 20 miliar. Itu hanya dari provinsi saja. Tapi kalau dampak didaereah dirasa cukup besar pasti akan kami bantu," tandasnya. (AGUS/B-6)

Berita Terbaru