Sekda Kalteng: 2 Sektor Kelola Anggaran Terbesar di 2020

  • Oleh Agus Priyono
  • 17 Januari 2020 - 23:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri mengatakan tahun ini ada 2 sektor yang mengelola anggaran cukup besar jika dilihat dari penyerahan DPA.

Ke sektor ini adakan bidang pendidikan dan infrastruktur. Pemprov Kalteng terus berupaya meningkatkan infrastruktur.

Sekda mengatakan pembangunan infrastruktur di 2020 ini akan ditingkatkan dibeberapa wilayah Kalteng seperti jalan menuju Pelabuhan Bahaur, paket pekerjaan di Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan, dan beberapa wilayah lainnya.

"Untuk meningkatkan infrastruktur tahun ini kami ada multiyears," ungkapnya, Jumat 17 Januari 2020.

Dia menambahkan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) yang telah diserahkan Dinas Pendidikan dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memang menjadi prioritas karena berkenaan dengan penyiapan infrastruktur dan penyiapan SDM.

Untuk bidang pendidikan Pemprov juga telah menyiapkan beberapa pemantapan kegiatan di 2020. Lantaran Disdik Kalteng juga termasuk pemegang anggaran terbesar untuk membiayai guru serta pemenuhan infrastruktur sekolah.

Tahun ini pihaknya juga akan menambah infrastruktur komputer untuk sekolah di Kalteng. Selain infrastruktur sekolah, Disdik Kalteng juga memiliki tanggung jawab dalam pembayaran guru mulai dari pegawai negeri sipil (PNS) hingga pegawai tidak tetap (PTT).

"Disdik memang menjadi sektor penting berkenaan dengan anggaran yang begitu besar, jumlah pegawainya untuk guru saja sekitar 5 ribu," pungkasnya. (AGUS/B-6)

Berita Terbaru