Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lebah Madu Kelulut Berpotensi Dibudidayakan Desa Sei Asam Kapuas Hilir

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 18 Januari 2020 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Budidaya lebah madu kelulut atau madu yang dihasilkan lebah trigona ini memliki potensi untuk dibudidayakan di Desa Sei Asam, Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas.

Seperti yang dilakoni Masrawan, salah satu pembudidaya lebah yang menghasilkan madu kelulut ini sejak 2 tahun terakhir. Kini dia mulai merasakan manisnya usaha madu tersebut.

Masrawan memanfaatkan lahan sejuk di belakang rumahnya. Saat ini, sudah ada sekitar 10 sarang atau koloni terbuat dari kayu sisa pohon yang mati dan bisa menghasilkan madu kelulut.

"Iya, madu kelulut ini sudah dibudidayakan 2 tahun terakhir ini. Yang mengenalkan ke saya, teman dari Barabai (Kalimantan Selatan)," kata Masrawan, Sabtu sore, 18 Januari 2020.

"Alhamdulillah sampai hari ini budidaya madu ini dari awalnya hanya 1 sarang saat ini sudah 10 sarang," kata pria yang juga merupakan Kepala Desa Sei Asam itu

Madu yang memiliki rasa manis bercampur asam ini, disebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh apabila rutin dikonsumsi. Tidak hanya itu, propolis dari madu kelulut ini juga kerap dimanfaatkan untuk produk kecantikan.

"Ini berpotensi sekali, dan memiliki nilai ekonomis cukup tinggi dibanding madu biasa. Apalagi merawatnya tidak terlalu sulit," tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru