Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Polisi Amankan Narapidana Diduga Edarkan Seledryl

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 19 Januari 2020 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Aparat kepolisian dari Satresnarkoba Polres Kapuas bersama petugas Rumah Tahanan Negara atau Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas mengamankan seorang narapidana berinisial AS (27) karena diduga mengedarkan obat seledryl di Rutan tersebut.

Pelaku merupakan warga Desa Bawan, Kecamatan Banama Tingang, Kabupaten Pulang Pisau. Saat digeledah di kamarnya C4 blok C Rutan, petugas menemukan ratusan butir obat jenis seledryl tanpa izin siap edar.

Kapolres Kapuas AKBP Esa Estu Utama melalui Kasatresnarkoba Iptu Suherman mengatakan pelaku saat ini sudah diamankan, guna proses penyelidikan lebih lanjut.

"Iya, saat kami geledah kemarin di kamar pelaku AS ditemukan barang bukti 38 plastik klip yang berisi obat jenis Seldryl dengan jumlah 738 butir," ucap Iptu Suherman kepada wartawan, Minggu, 19 Januari 2020.

"Juga diamankan barang bukti lain seperti 122 plastik klip kosong. Untuk lebih lanjutnya masih kami dalami kasus ini," lanjut dia.

Akibat perbuatannya, pelaku yang merupakan narapidana kasus pencurian dengan pemberatan atau Curat ini akan dikenakan tindak pidana undang -undang kesehatan mengedarkan sediaan farmasi, dan atau alat kesehatan yang tidak memiliki izin edar.

Atau mengedarkan sediaan farmasi dan atau alat kesehatan yang tidak memenuhi standar dan atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan dan mutu.

"Sebagaimana Pasal 197 Jo Pasal 196 Undang-undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan," tuturnya.

Kasatresnarkoba juga menuturkan uraian singkat atau kronologis pengungkapan kasus itu bermula saat diamankan salah satu napi berinisial Um yang diduga sedang mabuk obat jenis seledryl.

"Setelah di introgasi, Um mengaku membeli obat tersebut dari AS. Setelah itu dilakukan penggeledahan di kamar dan ditemukan barang bukti," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru