Pelabuhan Perikanan Kuala Pembuang Kelola Unit Pengolahan Ikan

  • Oleh Fahrul Haidi
  • 19 Januari 2020 - 19:22 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pelabuhan Perikanan Kuala Pembuang, selain sebagai tempat pendaratan hasil tangkapan para nelayan Kuala Pembuang, berupa ikan dan udang.

Di pelabuhan perikanan ini juga ada unit pengolahan ikan yang dikelola warga yang berinvestasi di sana yakni berupa unit pengolahan ikan kering.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng, Darliansyah melalui kepala UPT Pelabuhan Perikanan Kuala Pembuang, Ida Surianie mengatakan di pelabuhan ini ada 2 unit pengolahan ikan kering.

“Unit pengolahan ikan kering ini, sudah lama ada dan setiap unit pengolahan menyerap 5 orang tenaga kerja warga setempat,” katanya, Minggu 19 Januari 2020.

Menurutnya, potensi perikanan di perairan Kabupaten Seruyan cukup melimpah sepanjang tahun 2019 saja, khusus yang didaratkan di pelabuhan ini mencapai 84,208 ton ikan.

“Ikan yang didaratkan disini berbagai jenis, ada yang langsung dijual dalam bentuk segar ada yang diolah terlebih dulu dalam bentuk kering di unit pengolahan ikan yang ada,” tandasnya. (FAHRUL HAIDI/B-6)

Berita Terbaru