Gangguan Transmisi, Aliran Listrik Sebagian Wilayah Kalteng dan Kalsel Terhenti

  • Oleh Arnoldus Maku
  • 19 Januari 2020 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Adanya gangguan jalur transmisi di dua Gardu Induk Rantau dan Barikin menyebabkan aliran listrik terhenti disejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan, 19 Januari 2020.

"Gangguan jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kilo Volt (kV) di jalur antara Gardu Induk (GI) Rantau dan GI Barikin terjadi pada pukul 16.49 Wita," ujar Humas PLN Kalselteng, Bayu saat dihubungi awak media ini.

Menurut Bayu, indikasi penyebab gangguan adalah petir yang menyambar jalur transmisi SUTT 150 kV.

"Gangguan tersebut menyebabkan suplai listrik dari Pembangkit ke Gardu Induk dibeberapa wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah terhenti, sehingga suplai listrik ke pelanggan juga terhenti," ujarnya.

Bayu menjelaskan, saat ini petugas PLN sedang melaksanakan tahapan penormalan suplai listrik di Gardu Induk. Kemudian secara bertahap akan melakukan penormalan suplai listrik di sisi pelanggan.

"Atas nama PLN, saya menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tidak terduga ini, kami mohon doanya agar proses penormalan suplai listrik dapat berjalan lancar dan aman," tutupnya. (ARNOL/B-6)

Berita Terbaru