Lionel Messi Pastikan Debut Setien dan Barcelona Berbuah Kemenangan

  • Oleh ANTARA
  • 20 Januari 2020 - 07:46 WIB

Jakarta (ANTARA) - Barcelona boleh berganti manajer semenjak penunjukkan Quique Setien, tetapi Lionel Messi tetaplah ruh utama yang kali ini jadi penyelamat untuk memastikan debut pelatih berusia 61 tahun itu berbuah kemenangan.

Sebagaimana julukannya, Messi turun ke atas lapangan hijau Nou Camp menjadi juru selamat untuk memecahkan kebuntuan pada menit ke-76 demi memastikan Barcelona menang 1-0 atas Granada dalam laga pekan ke-20 Liga Spanyol, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Meski Messi jadi eksekutor akhir, gol kemenangan Barcelona itu tidak lepas dari andil Antoine Griezmann yang mengirim umpan terobosan untuk Arturo Vidal.

Lantas Vidal menjaga penguasaan bola dari upaya bek Granada merebutnya sebelum ia mengirim umpan tumit dan Messi menyelesaikannya dengan tembakan sisi kakinya menjebol gawang kiper Rui Silva yang sudah mati langkah.

Selain gol itu tak banyak adegan menarik dari laga debut Setien, termasuk ketika Ansu Fati membuang sia-sia umpan matang Jordi Alba pada awal laga.

Granada bahkan sempat hampir merusak debut Setien dengan peluang berbahaya yang mereka ciptakan pada menit ke-67 lewat sebuah serangan balik, tapi Dewi Fortuna hadir dalam bentuk tiang gawang yang menolak bola tembakan Yan Eteki.

Dua menit kemudian, boleh jadi insiden terpenting --tentunya selain gol Messi-- terjadi yakni pelanggaran German Sanchez yang berujung kartu kuning kedua dan Granada dipaksa melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain.

Setelah kebobolan gol Messi dan kondisi sudah tertinggal satu gol, Granada tak banyak bisa melakukan apapun kecuali mengakui keunggulan Barcelona dalam laga debut Setien.

Barcelona naik kembali ke puncak klasemen dengan raihan 43 mengambil alih posisi yang sempat diduduki Real Madrid sekira 24 jam lebih.

Sedangkan Granada (27) harus rela tertahan di urutan ke-10, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Susunan pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Jordi Alba, Samuel Umtiti, Gerard Pique, Sergi Roberto; Arturo Vidal (Arthur Melo), Sergio Busquets, Ivan Rakitic (Ricard Puig); Ansu Fati (Carles Perez), Antoine Griezmann, Lionel Messi

Pelatih: Ernesto Valverde

Berita Terbaru