Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tes Penerimaan Perangkat Desa Barito Timur Dimulai Hari ini

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 20 Januari 2020 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Tes penerimaan perangkat desa se Kabupaten Barito Timur dengan sistem Computer Assisted Test atau CAT dimulai hari ini, Senin, 20 Januari 2020.

Sekda Barito Timur, Eskop saat memantau langsung pelaksanaan tes di SMA Negeri 1 Tamiang Layang, mengatakan pemkab tetap konsisten untuk melaksanakan tes ini sekalipun ada berbagai argumen pro kontra yang berkembang.

"Tes perangkat desa ini semata-mata menjalankan peraturan perundang-undangan yang ada. Sesuai UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa, untuk pengangkatan perangkat desa itu dilakukan dengan sistem seleksi," kata Eskop.

Sistem seleksi ada dua macam, yakni manual dan CAT. Namun, pemkab memilih sistem CAT karena hasilnya tidak dapat diintervensi siapapun.

"Jadi dalam pelaksanaan tes CPNS maupun tes yang lain banyak menggunakan sistem CAT karena independensinya dapat dipertanggungjawabkan," imbuh Eskop.

Menurutnya, pada tahun 2020 ini Pemerintah akan menggaji perangkat desa setara dengan PNS golongan dua, yang kisaran upahnya sekitar Rp 2,5 - 3juta. Dengan upah yang cukup besar,  idealnya perangkat desa harus menguasai permasalahan di desa dan profesional dalam bekerja.

"Kalau kita membayar mahal, kita harus mencari yang kinerjanya benar-benar seimbang dengan yang kita bayar, tidak lain dengan sistem seleksi yang kita terapkan sekarang," tambahnya.

Eskop juga menjelaskan bahwa dalam setiap sesi tes, peserta diberikan waktu 100 menit untuk mengerjakan soal. Peserta tes langsung dapat melihat sendiri hasil tes atau nilainya sesaat usai mengikuti tes. Pelaksanaan tes dilakukan selama enam hari, mulai 20 - 25 Januari 2020. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru