Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Bengkulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SKW II Pangkalan Bun Evakuasi Penyu Hijau Terdampar di Sungai Kumai

  • Oleh Wahyu Krida
  • 20 Januari 2020 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sempat terdampar di kawasan Pelabuhan Angkasa Wana, Kumai Hulu, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), seekor penyu hijau dengan bobot sekitar 300 kg di evakuasi perugas Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Pangkalan Bun - BKSDA Kalteng, Minggu, 19 Januari 2020 sekitar pukul 14.00 WIB.

Menurut petugas SKW II Pangkalan Bun Muda Yulivan, Senin, 20 Januari 2020 keberadaan penyu hijau dengan panjang kerapas atau tempurung sekitar 100 cm dengan diameter 91 cm tersebut dilaporkan oleh petugas SPTN 3 Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

"Awal penemuan saat ada nelayan yang mengetahui keberadaan penyu hijau itubdi kawasan pelabuhan Angkasa Wana. Nelayan tersebut kemudian melaporkan hal ini ke petugas SPTN 3 TNTP," jelas Muda.

Setelah pihaknya mendapat laporan, lanjut Muda, perugas SKW II Pangkalan Bun segera mendatangi lokasi untuk melakukan evakuasi.

"Diduga penyu hijau tersebut salah mendarat untuk tujuan bertelur. Dugaan tersebut lantaran kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Tanjung Keluang yang menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur ramai dikunjungi masyarakat saat akhir pekan," jelas Muda.

Selain itu menurut Muda, bisa juga disebabkan terjadinya pasang laut di kawasan TWA Tanjung Keluang, sehingga penyu tersebut berpindah tempat  untuk tujuan bertelur.

"Pastinya kita tidak tahu persis kenapa satwa tersebut bisa berada di kawasan pelabuhan Angkasa Wana. Padahal tepian yang berpasir cuma  sekitar 2 meter," jelas Muda.

Muda menjelaskan, saat ini penyu hijau itu sudah di evakuasi ke TWA Tanjung Keluang untuk dilakukan observasi dan pemeriksaan.

"Sebelum dilepasliarkan tentunya satwa tersebut menjalani pemeriksaan kesehatan dulu. Terlebih bila dilihat dari gerak geriknya penyu tersebut diperkirakan akan bertelur," jelas Muda.  (WAHYU KRIDA/B-5)

Berita Terbaru