Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Balikpapan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Bakal Bangun Jembatan Timbang dan TPA

  • Oleh Hendri
  • 20 Januari 2020 - 15:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kota atau Pemko Palangka Raya bakal membangun jembatan timbang dan kantor Tempat Pembuangan Akhir atau TPA di Km 14 Jalan Tjilik Riwut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Achmad Zaini mengatakan, jembatan timbang merupakan standarisasi pengelolaan sampah terutama memenuhi penilaian Adipura.

"Dalam waktu dekat ini kita akan membangun jembatan timbang dan kantor di TPA," katanya, Senin 20 Januari 2020.

Dia mengatakan, jembatan timbang juga berfungsi untuk mengetahui seberapa besar volume sampah yang dihasilkan masyarakat setempat.

"Sesuai dengan kebijakan strategis daerah atau Jakstrada Kota Palangka Raya untuk pengurangan dan penanganan sampah, maka jembatan timbang ini salah satu alat yang tepat terutama untuk mengetahui apakah volume sampah berkurang atau tidak," jelasnya.

Secara teknis armada yang masuk menuju TPA terlebih dahulu ditimbang kemudian sampah diturunkan untuk dilakukan penimbunan.

"Kalau sudah sampai TPA, maka semuanya diratakan dan ditimbun dengan tanah," ucapnya.

Sampah yang dibawa menuju TPA terlebih dahulu dipastikan telah melewati proses di Bank sampah. Sehingga sampah yang dibuang untuk ditimbun merupakan sampah yang tidak bisa diolah atau di daur ulang.

"Sampah yang tidak bisa di daur ulang lagi karena sudah melalui proses pemilahan dan pengolahan sampah seperti bank sampah, TPS 3R maupun TPST," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru