Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

859 Anak di Sukamara Alami Stunting 

  • Oleh Norhasanah
  • 20 Januari 2020 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sebanyak 859 anak di Kabupaten Sukamara mengalami stunting, di mana hal tersebut sesuai hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018.

"Untuk versi Dinas Kesehatan angka kejadian 23 persen sesuai laporan, sementara sesuai dengan riset kesehatan dasar tahun 2018 24,9 persen," ucap Wakil Bupati Sukamara, H Ahmadi, Senin, 20 Januari 2020.

Menurut Ahmadi, dari hasil tersebut, diperkirakan sebanyak  859 anak di Bumi Gawi Barinjam terdeteksi sebagai penderita stunting yang tersebar di lima kecamatan.

"Ada 859 balita per 3542 balita yang stunting," ujarnya.

Meskipun pevalensi stunting di Kabupaten Sukamara berada di posisi keempat terendah di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), namun pihaknya akan berupaya untuk terus menurungkan angka sesuai drngan target nasional.

"Meskipun angka masuk dalam kantegori rendah, namun saya beranggapan bahwa angka imk masih terlalu tinggi untuk Kabupaten Sukamara, yang apabila dilihat dengan kondisi geografis," tuturnya.

"Kita masih harus terus berupaya untuk menurunkan prevalensi stunting untuk mencapai target nasional, yaitu di bawah 20 persen," ujarnya.

Wakil bupati Sukamara tersebut menambahkan, bahwa permasalahan stunting merupakan salah satu isu nasional yang menjadi perhatian Presiden Republik Indonesia, mengingat hal tersebut mengacu pada misi peningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan mampu bersaing. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru