Warga Palangka Raya Bisa Dapatkan Pohon Untuk Penghijauan Secara Gratis

  • Oleh Hendri
  • 20 Januari 2020 - 16:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga Palangka Raya diberikan kesempatan untuk mendapatkan bibit pohon secara gratis. Penanaman pohon bakal dilakukan di lingkungan warga setelah mengajukan permohonan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya atau melalui Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng.

"Pengajuannya bisa melewati DLH atau melalui Dinas Kehutanan Provinsi. Bisa lewat apa saja, pakai telepon bisa, langsung ke kantor juga bisa. Kita kerja sama dengan Dishut Provinsi dan ini diberikan secara gratis," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya Achmad Zaini, Senin 20 Januari 2020.

Dia menjelaskan, penghijauan yang dilakukan baik di sekolah, perkantoran dan lainnya tetap dilaksanakan dengan memperhatikan tata ruang wilayah kota. Jika memang tidak dimungkinkan dilakukan pada area terbuka, bisa saja hal itu diperuntukan untuk hal yang lain.

"Penghijauan bisa dilaksanakan di sekolah atau perkantoran. Untuk pelaksanaannya tetap memperhatikan tata ruang, sehingga pohon yang ditanam tidak salah tempat," ucapnya.

Jumlah pohon yang ditanam pun cukup banyak, minimal 100 pohon yang terdiri dari berbagai jenis. Terutama pohon yang mempunyai daya serap airnya cukup tinggi. Penanaman pohon juga rutin dilaksanakan pemerintah setempat setiap hari Jumat.

"Kalau di Provinsi ada namanya jumat menanam, di DLH Kota juga kita menyiapkan bibit. Kita bersinergi dengan Provinsi untuk penghijauan ini," pungkasnya. (HENDRI/B-5)

Berita Terbaru