Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Medan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kenaikan Anggaran Kesehatan Harus Disikapi Kenaikan Semangat Kerja Petugas Kesehatan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 20 Januari 2020 - 16:56 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Riduanto meminta agar kenaikan anggaran sektor kesehatan di tahun 2020 ini dapat disikapi dengan kenaikan semangat kerja dari para petugas kesehatan.

"Kami harapkan kenaikan anggaran sektor kesehatan di tahun 2020 ini dapat memacu semangat para petugas kesehatan yang bekerja di Palangka Raya ini," kata Riduanto kepada Borneonews pada Senin, 20 Januari 2020.

Petugas kesehatan dimaksud, kata Riduanto, baik yang bekerja di RSUD Kota Palangka Raya, Puskesmas, maupun Puskesmas Pembantu yang ada di Kota Palangka Raya. Sehingga mampu bekerja lebih maksimal dalam melayani kesehatan masyarakat.

"Menurut data dari Dinas Kesehatan, jumlah tenaga medis yang dimiliki oleh Pemko mencapai 800 orang lebih yang terdiri dari dokter, bidan, perawat, apoteker dan lainnya. Pemko khususnya DPRD yang membahas di bidang anggaran, kami sudah cukup memahami tuntutan apa yang mereka perlukan dalam jalankan tugas. Sehingga dengan pengalokasian dana fungsi kesehatan yang cukup besar, mampu memacu semangat mereka lebih maksimal lagi," jelas Politisi PDI Perjuangan ini.

Menurut Riduanto, pada bagian Belanja Daerah, Pemerintah Kota Palangka Raya telah mengalokasikan anggaran fungsi kesehatan sebesar 19,42 persen untuk tahun 2020 ini.

"Nilai ini lebih besar dari yang diamanatkan oleh negara di dalam UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Pendanaan Kesehatan. Menurut undang-undang tersebut, anggaran fungsi pendidikan harus disediakan minimal 10 persen. Karena nilainya sudah cukup besar maka kita harapkan kualitas pelayanannya juga meningkat," jelasnya. (TESTI PRISCILLA/m)

Berita Terbaru