Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Solok Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Katingan Gelar Rapat Bahas Produksi Beras

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Januari 2020 - 17:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Pemkab Katingan menggelar rapat untuk membahas masalah produksi beras di aula Bappeliitbang, Senin, 20 Januari 2020.

Rapat ini dipimpin Sekda Katingan Nikodemus didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Yosy dan Kepala Bappeliitbang Wim Ngantung.

Sementara peserta rapat terdiri dari beberapa kepala organisasi perangkat daerah termasuk para camat se Katingan dan juga beberapa kepala desa.

Dalam kesempatan ini semua camat dan sejumlah kepala OPD menyampaikan terkait kondisi pertanian di wilayahnya masing-masing, terutama luasan areal sawah, produksi padi, dan juga sistim penjualan.

Sejauh ini untuk wilayah Kecamatan Katingan Kuala merupakan penghasil padi terbesar se Kabupaten Katingan dengan masa panen dua kali dalam setahun.

Sedangkan wilayah kecamatan lainnya umumnnya menanam padi ladang umur 6 bulan dengan panen hanya sekali dalam setahun.

Menurut Sekda Katingan, Nikodemus, wilayah Kabupaten Katingan sejauh ini merupakan penghasil padi terbesar ketiga se Provinsi Kalimantan Tengah setelah Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau.

Sekda Nikodemus menuturkan, rapat ini juga membahas terkait kesiapan Katingan untuk memenuhi kebutuhan beras jika Ibu Kota Indonesia yang baru yakni Kalimantan Timur mulai boyongan.

"Jadi selama ini Katingan selalu surplus beras sehingga tidak heran kalau kita berada diurutan tiga besar daerah penghasil padi terbesar di Kalteng ini," imbuh Sekda Nikodemus. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru