Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Harus Selalu Menjaga Kebersihan Lingkungan

  • 21 Januari 2020 - 00:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah Suyuti Syamsul meminta masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Suyuti menjelaskan jika dengan menjaga kebersihan lingkungan dapat mencegah terserang berbagai penyakit. Apalagi saat menghadapi musim penghujan seperti sekarang ini.

Ia menambahkan, penyakit terutama yang disebabkan oleh serangga, seperti nyamuk dan sejenisnya, bisa dicegah dengan kebersihan lingkungan. Sebab, lingkungan yang bersih mengurangi terjadinya penyakit.

"Kuncinya adalah kebersihan, jadi tidak melulu berobat ke dokter atau rumah sakit. Seperti DBD di musim penghujan ini tentu saja adalah dengan memberantas sarang nyamuk terutama disekitar rumah," ujar Suyuti, Senin, 20 Januari 2020.

Suyuti juga mengatakan, jika contoh kecil yang harus sering dilakukan oleh masyarakat dalam kebersihan adalah dengan mencuci tangan. Dengan mencuci tangan dapat mencegah berbagai penyakit, diantaranya diare, bahkan mencegah penyakit pilek mencapai 80 persen.

"Kita masing-masing bertanggungjawab untuk membersihkan lingkungan sekitar kita. Selain mencegah penyakit juga tidak enak kan kalau tinggal di lingkungan yang kurang bersih," pungkasnya. (AGUS/B-7)

Berita Terbaru