Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumenep Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hewan Peliharaan di Barito Selatan Akan Divaksin Rabies

  • Oleh Uriutu
  • 21 Januari 2020 - 14:16 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Ketahanan Pangan, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan Barito Selatan, akan memvaksin rabies seribu ekor hewan peliharaan. Demikian disampaikan Peternakan Barsel, Hevijanto kepada Borneonews, Selasa, 21 januari 2020.  

"Kita akan melakukan vaksinasi terhadap seribu ekor hewan peliharaan, sesuai jadwal dilaksanakan pada Mei, namun karena memasuki bulan Ramadhan, maka jadwal vaksinasinya akan dimajukan pada April 2020 mendatang," kata Hevijanto.

Ia mengatakan, vaksinasi terhadap seribu ekor hewan peliharaan tersebut merupakan target awal, sambil menunggu vaksin tambahan dari dinas terkait pada pemerintah provinsi Kalimantan Tengah.

Vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan terutama anjing, lanjut dia, akan dilaksanakan pada disejumlah desa yang berada diempat kecamatan di daerah ini.

Empat kecamatan yang menjadi sasaran vaksinasi rabies tersebut yakni hewan peliharaan yang berada Kecamatan Dusun Selatan, Kecamatan Dusun Utara, Kecamatan Gunung Bintang Awai, dan Kecamatan Karau Kuala.

"Hal itu mengingat jumlah hewan peliharaan terutama anjing populasinya lebih banyak pada empat kecamatan itu dibandingkan yang ada di wilayah Kecamatan Dusun Hilir, sedangkan di wilayah Kecamatan Jenamas tidak ada populasi anjingnya," jelasnya.

Sebelum melaksanakan vaksinasi sambung dia, pihaknya akan terlebih dahulu mengirimkan surat kepada pihak kecamatan terkait hal itu, supaya pihak kecamatan selanjutnya bisa menginformasikannya kepada masing-masing desa.

"Didalam surat itu nantinya akan kita cantumkan tanggal jadwal vaksinasi hewan peliharaan pada masing-masing desa," ucapnya.

Ia mengharapkan kepada masyarakat supaya menyiapkan agar pada saat jadwal vaksinasi dilaksanakan, hewan peliharaannya sudah siap untuk divaksinasi.

Karena, pada saat vaksinasi dilaksanakan biasanya hewan peliharaan seperti anjing berada di kebun, dan dirinya diharapkan pada saat jadwal pelaksanaan vaksinasi nantinya, hewan peliharaan milik masyarakat berada di desa sehingga bisa tervaksinasi semuanya.

Berita Terbaru