Masyarakat Diimbau Waspada DBD Pada Musim Hujan

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Januari 2020 - 15:06 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pada musim hujan seperti saat ini, penyakit demam berdarah dengue (DBD) patut diwaspadai masyarakat, terutama yang tinggal di wilayah Kecamatan Baamang, karena sudah ada 3 orang yang terserang penyakit tersebut. 

"Saya harap masyarakat Baamang mewaspadai penyakit DBD," ujar Kepala Puskesmas Baamang Unit I Supriadi, Selasa, 21 Januari 2020. 

Dirinya menerangkan, penyakit DBD patut diwaspadai saat musim penghujan seperti saat ini. Karena akan membuat nyamuk aedes aegypti cepat berkembang biak. Dan hal itu sangat membahayakan bagi masyarakat. 

Untuk menghindari hal tersebut, pihaknya meminta agar kesadaran warga terhadap lingkungan semakin tinggi. Sehingga tidak ada tempat bagi nyamuk penebar vitus tersebut. 

"Lingkungan yang paling utama dijaga, karena sumber dari sarang nyamuk adalah lingkungan tidak bersih," kata Supriadi.

Sementara, pihak Puskesmas Baamang Unit I sendiri, terus melakukan penyuluhan keliling. Menaburkan abate guna mencegah jentik nyamuk berkembang biak. Selain itu, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, guna melakukan fogging fokus. 

"Mudah-mudahan tidak ada yang menjadu korban lagi. Dan masyarakat semakin sadar menjaga lingkungan," harap Supriadi. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru