Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sigi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pertanian Kapuas Harapkan Target Luas Tanam Tahun 2020 Tercapai

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Januari 2020 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Pertanian Kapuas mengharapkan dukungan dan kerjasama dari semua bidang yang ada di dinas, bahkan peran penyuluh dan sarana prasana agar target pencapaian luas tanam tahun 2020 ini.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kapuas Anjono Bhakti melalui Kabid Produksi Edy Dese bahwa dari 12 kecamatan pasang surut itu ditargetkan sebanyak 105.000 hektare luas tanam tahun 2020 ini.

"Kami berharap adanya kerja sama  dari semua bidang untuk pencapaian luas tanam padi di Kabupaten Kapuas tahun ini, baik itu bidang penyuluhan, sarana prasarana dan penyuluh lapangan," ucap Edy, Selasa, 21 Januari 2020.

Lebih lanjut, ia mengatakan, untuk luas tanam tahun 2020 ini targetnya ada 105.000 hektar, atau mengalami kenaikan sekitar 9 persen dari target 2019 yakni 97.139 hektar luas tanam.

“Untuk program tahun ini bersumber dari APBD Provinsi Kalimantan Tengah diantaranya Kalteng Berkah, sarana produksi dan penangkaran," tuturnya.

Sedangkan, yang bersumber dari APBD Kabupaten Kapuas ada program Kluster padi dan pengembangan padi R1 Dadahup, kapur untuk pertanian, padi untuk lahan kering dan pupuk cair untuk lahan basah.

“Kita juga mendapat bantuan program dari APBN khusus untuk lahan rawa. Karena 12 kecamtan di daerah pasang surut menjadi sentra produksi padi untuk kabupaten Kapuas,” tuturnya.

"Dari APBN juga ada kegiatan berupa pengembangan padi bebas residu dan padi organik," pungkasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru