Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Palu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penderita Penyakit Tidak Menular Meningkat Akibat Pola Hidup Sehat Menurun

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 21 Januari 2020 - 15:56 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dalam kurun waktu 3 tahun terakhir pola penyakit yang diderita masyarakat terutama di Kecamatan Baamang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), mengalami perubahan. Karena saat ini penyakit tidak menular lebih banyak diderita masyarakat. 

"Penderita penyakit tidak menular mengalami peningkatan, hal itu terjadi karena pola hidup sehat masyarakat menurun," ujar Kepala Puskesmas Baamang Unit I Supriadi, Selasa, 21 Januari 2020. 

Dirinya menerangkan, dalam setiap harinya, tidak kurang dari 50 orang pesien berobat ke Puskesmas Baamang Unit I. Para pasien datang dengan berbagai keluhan penyakit, seperti hiprtensi, stroke, diabetes, kanker, infeksi saluran pernapasan akut, diare dan tuberkolosis. 

"Hal itu perlu diperhatikan, terutama kita harus menjaga pola hidup sehat. Baik itu makanan yang di konsumsi, dan lainnya. Sehingga bisa terhindar dari penyakit tidak menular tersebut," kata Supriadi. 

Penyakit tidak menular sendiri, dapat dicegah. Yakni dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat, serta rutin memeriksakan diri ke layanan kesehatan yang ada. 

Terkait hal itu, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kotim, mendirikan pos pelayanan terpadu penyakit tidak menular. Ditempat itu, masyarakat bisa memeriksakan kesehatan diri, agar dapat terhindar dari penyakit tidak menular. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru