Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya Anjir Kalampan Kapuas Barat Terbentuk

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 21 Januari 2020 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya atau P4S Desa Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat resmi terbentuk pada Selasa, 21 Januari 2020.

Adapun P4S Desa Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat di bawah binaan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang.

Pembentukan tersebut setelah dilaksanakan pertemuan dengan anggota kelompok tani, unsur Tripika, perangkat desa dan kegiatan ini dibimbing langsung dari BPP Kecamatan Kapuas Barat dan Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Bidang Penyuluhan.

P4S tersebut merupakan wadah atau tempat melaksanakan kegiatan berbagai macam pelatihan pertanian baik itu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan maupun kehutanan.

Organisasi ini disepakati dengan nama P4S Kalampan Jaya karena sesuai dengan nama dari desa tersebut. Untuk memimpin P4S Kalampan Jaya ditunjuk yaitu Yanir yang merupakan Kepala Desa Kalampan Jaya.

Adapun semua administrasi untuk keperluan apa saja nantinya baik itu infrastruktur, sarana dan prasarana lainnya akan disampaikan ke BBPP Binuang.

Kepala Desa Anjir Kalampan Yanir berharap adanya bantuan dari pemerintah daerah untuk mendukung terbentuknya P4S ini serta akses untuk menuju pusat pelatihan tersebut karena ada beberapa jalan masih dalam keadaan rusak.

"Karena akan ada tamu dari Belanda yang berkunjung ke lokasi tersebut karena semua proses pertanian dengan bahan dan perlakuan organik," ucap Yanir. (DODI RIZKIANSYAH/B-5)

Berita Terbaru