20 Kades Ikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

  • Oleh Ramadani
  • 21 Januari 2020 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Sebanyak 20 kepala desa atau Kades se Kabupaten Barito Utara yang baru dilantik mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa.

Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa atau Dinsos PMD Kabupaten Barito Utara dalam rangka penyusunan rencana pembangunan jangka menengah desa atau RPJMDes di Aula Bappedalitbang Muara Teweh, Selasa, 21 Januari 2020. Selain kades, 5 orang tim Pokja RPJMDes juga mengikuti pelatihan tersebut.

Plt Kepala Dinas Sosial PMD Barito Utara Eveready Noor melalui Kabid Pembinaan, Pemerintahan Lembaga Desa Kelurahan dan BPD, Syamsul Astrijaya mengatakan, kepala desa setelah dilantik wajib membuat RPJMDes paling lama tiga bulan setelah dilantik.

“RPJMDes ini merupakan pedoman untuk pembangunan desa selama enam tahun sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 114 tahun 2015 tentang Pedoman Pembangunan Desa. Setelah RPJMDes dibuat, disepakati bersama anggota BPD,” jelasnya.

Tim Pokja ini, tambah Syamsu, di SK-kan oleh kepala desa atau Kades. Untuk pemateri kegiatan diisi oleh tenaga ahli pendamping desa dan dari Dinas Sosial PMD.

Seperti Kasi Peningkatan Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyarakat Bambang Suprianto, Mira Dewi Resistensi, Yusin Dayantara, Edy Supriono dan Heru Purwanto. (RAMADHANI/B-7)

Berita Terbaru