Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadis PUPR Sampaikan Klarifikasi Terkait Jembatan Desa Sarapat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Januari 2020 - 22:04 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas PUPR Barito Timur Yumail J Paladuk menyampaikan klarifikasi terkait pekerjaan jembatan menuju Desa Sarapat yang ambrol.

Menurutnya, perbaikan jembatan tersebut dilakukan secara swakelola dengan menggunakan dana Unit Perawatan Rutin atau UPR jembatan sebesar Rp 28 juta.

"Maksud saya kemarin, jembatan tersebut dikerjakan oleh pemborong perorangan bukan CV atau PT. Kalau itu dijadikan proyek, anggarannya bisa sampai Rp 150 juta," kata Yumail di kantornya, Selasa, 21 Januari 2020.

Dia mengakui sisi jembatan yang ambrol itu karena konstruksi pembesian maupun takaran campuran bahan cor tidak memenuhi standar untuk jembatan. Sedangkan sisi lain yang tidak ambrol dijamin konstruksinya bagus karena saat pengerjaannya diawasi langsung olehnya.

"Saya meminta supaya tukang yang mengerjakan jembatan itu tidak diberi pekerjaan lagi. Itu pekerjaannya memang asal-asalan termasuk cara pembesianya," ungkap Yumail.


Pada perbaikan kali ini, jembatan yang ambrol tersebut dibongkar kembali dan untuk memastikan pembesiannya benar-benar kuat, rangkaian besi bentonnya dilas.

"Besok (Rabu) kami akan pasang slabnya. Teman-teman wartawan bisa ikut memantau sekaligus melihat cara pembesian yang benar sehingga lain waktu bisa ikut mengawasi proyek pengerjaan jembatan," paparnya.

Mengenai papan proyek yang dipertanyakan masyarakat, Yumail menjelaskan bahwa sekalipun itu pekerjaan swakelola tapi juga dipasangi papan proyek.

"Waktu awal dimulai pekerjaan itu ada papan proyeknya," tandas Yumail. (BOLE MALO/B-7)

Berita Terbaru