Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banyuwangi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Antisipasi Cuaca Ekstrem, Tim Terpadu Tumbangkan Puluhan Pohon

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 Januari 2020 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Antisipasi pohon tumbang karena cuaca ekstrem, puluhan batang pohon di ruas jalan protokol Kota Pangkalan Bun telah ditumbangkan oleh Tim Terpadu Kobar.

Tim terpadu yang terlibat dalam penebangan pohon yang dianggap rawan tumbang, terdiri dari dari DLH, BPBD, Damkar, PLN, dan Telkom.

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) Sayani, semenjak dibentuknya tim terpadu untuk antisipasi pohon tumbang. Tercatat pihaknya telah memangkas 50 batang pohon.

"Antisipasi cuaca ekstrem berupa hujan deras disertai angin dan petir yang kerap terjadi di Kobar, dapat menumbangkan pohon, maka pohon - pohon yang disinyalir membahayakan ditebang. Semenjak awal dibentuknya tim terpadu hingga saat ini lebih dari 50 batang telah di tebang,"ujarnya melalui pesan singkat, Rabu, 22 Januari 2020.

Puluhan pohon yang di tebang berada di sejumlah ruas Jalan HM Rafi'i hingga ke Jalan Pramuka, Jalan Bayangkara, Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan.

Penebangan puluhan pohon peneduh yang berada ruas jalan protokol didasarkan pada kondisi pohon tersebut, di antaranya adalah pohon - pohon yang sudah mati dan kering. Kemudian pohon yang berdekatan dengan jaringan listrik dan pohon yang kondisinya berdasarkan penilaian DLH adalah pohon yang sakit.

"Pohon yang berlubang karena rusak atau dikupas kulitnya, bahkan ada yang dibagin bawahnya dibakar itu dilakukan pemangkasan," tutupnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru