Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

3M Penting Cegah DBD, Bagaimana dengan Fogging?

  • Oleh Syahriansyah
  • 22 Januari 2020 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu – Menguras, menutup dan mengubur atau 3M menjadi langkah penting dalam mencegah demam berdarah dengue atau DBD. Lantas, bagaimana dengan fogging?

Berikut penjelasan Kepala Bidang atau Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan atau Dinkes Murung Raya, Iskandar Kurniawan.

“3M ini tentu menguras secara rutin tempat penampungan air, menutup penampungan air dan mengubur kaleng atau sampah yang dapat dijadikan sarang oleh nyamuk DBD,” katanya, Rabu, 22 Januari 2020.

Oleh karena itu, Dinkes Mura berharap masyarakat berperan aktif menyampaikan pentingnya 3M supaya diterapkan pada lingkungan terutama di musim penghujan.

Iskandar juga menjelaskan tentang pentingnya penerapan 3M ketimbang fogging atau pengasapan. Menurutnya, fogging tidak terlalu efisien.

“Fogging itu hanya bersifat sementara dan tidak dapat membunuh sarang nyamuk DBD yang berada pada tampungan air bersih. Sehingga, apa yang kami sosialisasikan tentang 3M ini merupakan langkah yang paling tepat,” tutupnya. (RIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru