Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Katingan Bakal Cari Potensi PAD dengan Studi Banding

  • Oleh Abdul Gofur
  • 22 Januari 2020 - 21:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Katingan bakal mencari potensi pendapatan asli daerah atau PAD dengan melakukan studi banding.

"Saya hari ini tadi sudah kumpulkan para kabid, dan kasi baik bidang tenaga kerja maupun transmigrasi terkait rencana studi banding ke luar daerah, belajar dengan daerah lain cara meningkatkan PAD untuk diterapkan di daerah kita ini," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Katingan, Alyono, Rabu, 22 Januari 2020.

Alyono menggambarkan, bidang tenaga kerja misalnya, banyak hal yang bisa meningkatkan sumber daya manusia atau SDM itu.

"Misalnya mengadakan pelatihan menjahit bagi kaum perempuan dan tukang untuk laki-laki," ungkapnya.

Menurutnya, keterampilan menjahit dan bertukang dapat mendatangkan sumber penghasilan bagi warga yang secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan asli daerah.

"Kemudian bidang transmigrasi, warga kita baik di Buntut Bali dan Hiyang Bana juga merupakan warga yang terampil terutama untuk mengolah lahannya masing-masing menjadi sumber pendapatan PAD," bebernya. 

Saat ini, lanjut Alyono, dua daerah transmigrasi itu sudah tidak lagi tanggungan pusat. Sebab telah menempati lokasi lebih dari lima tahun.

"Kita juga akan melihat potensi apa yang bisa dikembangkan di lahan transmigrasi itu, selain sawit," tuturnya. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru