Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sukabumi Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Harap 2020 Masih Turun Hujan

  • 23 Januari 2020 - 06:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran berharap di musim kemarau di tahun 2020 nanti masih tetap turun hujan di seluruh wilayah Kalteng.

Meskipun prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika  akan terjadi kemarau kering, tidak menyurutkan harapan Gubernur bahwa akan terjadi hujan di wilayah Kalteng.

Sugianto mengatakan jika, harapannya itu timbul dari sklus yang sejak dulu telah ditetapkan oleh para orangtua. Disebut jika kemarau kering selalu melanda Kalteng tiap 4 tahun sekali. Dan siklus kemarau kering audah terjadi di Kalteng pada tahun 2019 kemarin.

"2020 diharapkan masih turun hujan meski diprediksi oleh BMKG tahun ini adalah kemarau kering. Tapi menurut siklus orangtua zaman dulu kemarau kering terjadi 4 tahun sekali dan kemarau kering sudah terjadi 2019 kemarin," ujar Sugianto, Rabu, 22 Januari 2020.

Ia menambahkan, jika pihaknya tetap siap siaga dengan menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk mengantisipasi datangnya kemarau yang biasanya dibarengi dengan bencana karhutla.

"Disamping doa, peralatan serius tetap kami siapkan. Tentunya kita tidak ingin Indonesia, khusunya wilayah Kalteng menjadi korban kebakaran lahan seperti Australia," pungkasnya. (AGUS/m)

Berita Terbaru