Tim PKRS RSUD Kapuas Beri Penyuluhan Penyakit Demam Berdarah Dengue

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Januari 2020 - 19:36 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit atau PKRS RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas memberikan penyuluhan tentang penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD di ruang tunggu poliklinik rawat jalan, Kamis, 23 Januari 2020.

Penyuluhan itu diberikan dr Dewi Fatmi Januarini bersama Tim PKRS dan diikuti warga yang sedang mengunjungi rumah sakit. Tema DBD diambil mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Dewi menjelaskan, penyakit DBD disebabkan virus dengue yang ditularkan nyamuk Aedes Aegypti . Penyakit ini bisa menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Gejala utamanya, nyeri otot, tulang, dan sendi.

Jika tidak ditangani dengan baik penyakit ini bisa merenggut nyawa penderitanya.

"Harapannya, dengan penyuluhan penyakit DBD ini masyarakat dapat mengerti dan bersama-sama melakukan pencegahanya," ucap Dewi.

Dia menjelaskan, ciri-ciri dari nyamuk Aedes Aegypti ini di antaranya berwarna hitam dengan belang-belang putih di seluruh badannya dan berbadan kecil.

Kemudian, biasanya menggigit pada siang hari dan sore hari, senang hinggap pada pakaian yang bergantung, kelambu, dan di tempat gelap serta lembab.

Selain itu, nyamuk ini mendapatkan virus dengue waktu menggigit atau mengisap darah orang yang sakit DBD atau orang yang tidak sakit, tetapi dalam darahnya terdapat Virus Dengue.

"Orang yang digigit nyamuk Aedes Aegypty yang mengandung virus dengue gejala sakit/demam setelah 4-7 hari (masa inkubasi)," jelasnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru