Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

IPAL Pondok Karet Timbulkan Bau Tidak  Sedap, ini Penyebabnya

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Januari 2020 - 20:06 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Perumahan Pondok Karet Tamiang Layang menimbulkan bau tak sedap, Kamis, 23 Januari 2020. Hal itu lantaran, IPAL di perumahan tersebut tidak berfungsi normal sehingga limbahnya meluap.

Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Barito Timur pun turun langsung mengecek keluhan warga terkait IPAL tersebut. Terlihat ada sekitar 11 bak kontrol pada IPAL dan 6 di antaranya diduga tersumbat. Air limbah yang berbau dan berwarna hitam pun meluap.

Dari warna air limbah yang meluap, terlihat bahwa beberapa bak kontrol tersebut sudah lama tidak berfungsi.

Lois, warga Perumahan Pondok Karet Blok N 8 menilai kajian teknis pembangunan IPAL tersebut sejak awal sudah bermasalah.

"Tahun 2017 saat sosialisasi katanya ada mesin penyemprot apabila saluran pembuangannya buntu. Kenyataannya seperti ini, sampai sekarang tidak ada mesin penyemprot," kata Lois.

Menurutnya, baru 3 bulan saat selesai pembangunan, saluran IPAL sudah bermasalah atau tersumbat. Saat itu yang memperbaiki pihak kontraktor.

"Setelah itu terjadi lagi 6 bulan kemudian di tahun 2018 dan ditangani Dinas PUPR Barito Timur. Masalah tersebut terus berulang hingga saat ini," imbuh Lois.

Sementara itu, Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten Barito Timur Bunyamin berjanji akan mengerahkan pekerja untuk mengecek dan membersihkan semua bak kontrol yang tersumbat, besok.

"Besok akan kita tanggulangi setelah melihat keadaan seperti ini, kita akan kuras dan bersihkan bak kontrol ini semampu kita. Apabila setelah kita bersihkan tetap ada kendala maka kita akan segera lapor provinsi," kata Bunyamin.

Dia menjelaskan, IPAL di Perumahan Pondok Karet Tamiang Layang masih merupakan tanggungjawab Satuan Kerja Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan (Satker PSPL) Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Tengah. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru