Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pakpak Bharat Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Cara Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Januari 2020 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit atau PKRS RSUD dr H Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dalam penyuluhan juga menyampaikan cara pencegahan penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

dr Dewi, selaku pemateri dalam penyuluhan DBD tersebut mengatakan, ada beberapa cara pencegahan penyakit mematikan itu.

"Mulai dari pencegahan DBD yang efektif, yakni 3M (menguras, menutup, dan mengubur) tempat yang bisa jadi sarang nyamuk," ucap Dewi saat memberikan penyuluhan, Kamis, 23 Januari 2020.

Kemudian, lanjut dia, ada pencegahan secara kimia, yaitu dengan cara pemberian abatisasi (abate), serta pengasapan atau fogging.

"Untuk pencegahan fisik itu bisa dilakukan sekurang-kurangya seminggu sekali, maka cegahlah dengan cara 3 M plus," tuturnya.

Adapun 3M plus itu di antaranya menguras bak mandi, menutup tempat penampungan air, mengubur atau menyingkirkan benda-benda yang dapat digenangi air seperti ban bekas, kaleng bekas, vas bunga, penampungan air dan lainnya.

"Juga bisa menggunakan obat nyamuk sebelum tidur, dan sebelum bepergian, mengganti air vas bunga, tempat minum burung atau tempat lainnya yang sejenis seminggu sekali dan lainnya," tuturnya.

Sedangkan, pencegahan secara biologi dapat dilakukan dengan cara pengendalian biologi antara lain dengan menggunakan ikan pemakan jentik (ikan adu/ikan cupang), dan bakteri (Bt.H-14) yaitu agen yang aktif mengendalikan nyamuk. (DODI RIZKIANSYAH/B-11)

Berita Terbaru