Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Warofen Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Budidaya Ikan di Pangkalan Bun Park Gunakan Teknologi MBG dan RAS

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 23 Januari 2020 - 21:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Penaburan benih ikan di Pangkalan Bun Park (PP) juga bertujuan untuk budidaya. Yakni mengadopsi teknologi microbubble generator (MBG) dan resirculating aquaculture system (RAS).

Program inovasi bentukan Dinas PUPR Kotawaringin Barat, mengembangkan teknologi perikanan di kolam ikan yang bakal bersamaan dengan air mancur atau banyu bejoget.

Plt Kepala Dinas PUPR Kobar, Juni Gultom mengatakan, rencananya kolam menghasilkan bubble yang berisikan oksigen secara merata. Sehingga tingkat oksigen di kolam ikan tersebut lebih baik dibandingkan kolam alami yang tidak menggunakan MBG.

Sedangkan RAS merupakan teknologi perikanan terbaru yang mengoptimalkan sirkulasi air, yakni mengontrol dan menstabilkan kondisi lingkungan ikan.

"Dengan teknologi ini, kami dapat menabur benih ikan dua kali lipat lebih banyak dibandingkan di kolam biasa. Hasilnya, panen bisa lebih banyak dan sekaligus buat kolam pancing bagi anak-anak," kata Juni Gultom, Kamis, 23 Januari 2020.

Dinas PUPR mencoba manfaatkan kolam yang ada di PP dengan membuat air mancur, dan akan menabur sekitar 200 - 500 ekor ikan nila merah.

"Kami yakin teknologi yang ramah lingkungan ini dapat dikawinkan dengan budidaya ikan yang sudah menjadi kearifan lokalnya, sehingga menjadi edukasi bagi masyarakat," tutupnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru