Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Timur Gandeng Permodalan Nasional Madani Berdayakan UMKM

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 Januari 2020 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Pemkab melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (Diskoperin) Kabupaten Barito Timur menggandeng Permodalan Nasional Madani atau PNM dan perusahaan swasta untuk memberdayakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Kita mengadakan pertemuan dengan PNM untuk memperkenalkan apa itu ULaMM dan MEKAAR, saya berharap nanti PNM bisa masuk ke semua desa untuk melakukan pemberdayaan UMKM sehingga masyarakat kita sejahtera," kata Kepala Diskoperin Kabupaten Barito Timur Ina Karuniani Gandrung, Kamis, 23 Januari 2020.

Pemberdayaan yang dilakukan bisa berupa bantuan permodalan maupun pelatihan ketrampilan dan manajemen usaha.

Dia juga berharap selain PNM, perusahaan swasta yang beroperasi di Barito Timur dapat terlibat dalam pemberdayaan UMKM melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) atau lainnya.

"Nanti tanggal 2 Februari saat Komunitas UMKM Tabe menggelar Bazar Mini, kita undang PNM untuk datang dan melihat komunitas UMKM yang ada di Barito Timur," imbuh Ina.

Sementara itu, Officer PKU & JML PT PNM (Persero) Cabang Banjarmasin Salmani menjelaskan ULaMM merupakan layanan pinjaman modal untuk usaha mikro dan kecil dengan pembiayaan langsung bagi perorangan dan badan usaha.

"Sedangkan MEKAAR adalah layanan pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro melalui program membina ekonomi keluarga sejahtera," kata Salmani. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru