Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Desa Dinilai Bisa Maksimal Jika Perencanaan Diperkuat

  • 23 Januari 2020 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalteng, Ratih Hapsari Kusumawardani menilai pembangunan desa bisa lebih maksimal jika perencanaan pembangunannya diperkuat.

Ratih mengatakan, perencanaan pembangunan itu harus benar-benar didorong supaya membuahkan hasil yang baik. Tidak hanya itu, musyawarah perencanaan pembangunan atau Musrenbang juga menjadi hal yang penting termasuk pelaksanaan programnya yang perlu diperhatikan.

"Sebenarnya, pembangunan desa itu dimulai dari perencanaan. Kemudian adanya Musrenbang itu sebenarnya titik penting. Lalu Musrenbang dilaksanakan. Namun, apakah selanjutnya program itu sesuai dilaksanakan atau tidak Itu yang jadi masalah," ujar Ratih, Kamis, 23 Januari 2020.

Pihaknya menyarankan agar perencanaan dalam pembangunan desa dikuatkan dengan cara yang tepat. Sebab, jika perencanaan lemah, maka akan berdampak pada pelaksanaan yang tidak sesuai jalurnya.

"Ini yang terjadi di desa-desa kita, SDM dalam kemampuan perencanaan itu masih belum bagus. Karena perencanaan belum bagus, akibatnya banyak sekali pelaksanaannya keluar jalur," ungkapnya.

"Jadi menurut hemat kami, perencanaan itu harus dikuatkan," tandasnya. (AGUS/B-7)

Berita Terbaru