Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Malang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Umat Diprediksi Beribadah di Vihara Dharma Syailendra Pangkalan Bun

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 23 Januari 2020 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Jelang perayaan Tahun Baru Cina atau Imlek 2571 tahun 2020, Vihara Dharma Syailendra Pangkalan Bun dibersihkan. Hal itu sebagai bentuk persiapan ibadah ratusan umat yang merayakan Imlek.

"Diperkirakan nantinya akan ada sekitar 400 - 500 umat yang akan melaksanakan ibadah di vihara tersebut," kata Ketua Vihara Graha, Sailendra Gelian Wijaya dan Liane Halim, selaku tokoh tionghoa, Kamis, 23 Januari 2020.

Dia mengatakan, perayaan tahun baru Imlek 2571 jatuh pada Sabtu, 25 Januari 2020. Ratusan umat yang hadir tersebut tidak dalam satu waktu, melainkan dari pagi hingga malam menjelang pergantian tahun.

Adapun persiapan yang sudah dilaksanakan jelang Imlek yaitu, membersihkan dewa patung, vihara, memasang spanduk dan lampion.

"Mulai pukul  07.00 WIB sampai malam pergantian tahun, dilaksanakan ibadah bersama," ucapnya.

Selain itu, saat malam pergantian tahun tidak ada atraksi barongsai dan melepas lampion. Untuk melepas lampion banyak pertimbangan, selain dapat menganggu penerbangan, juga dikhawatirkan menyebabkan kebakaran.

"Semua itu hanya tradisi, jika tidak ada saat acara imlek juga tidak apa-apa," jelasnya.

Adapun sio tahun ini adalah Sio Tikus Logam, artinya sebagai umat manusia harus bekerja keras siang dan malam seperti tikus, untuk logam itu unsur di dalamnya.

"Jadi kita harus rajin dan semangat bekerja," tutupnya. (DANANG/B-11)

Berita Terbaru