Pemkab Kotawaringin Timur Targetkan Swasembada Daging Pada 2023 

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 23 Januari 2020 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), melalui Dinas Pertanian menargetkan daerah ini bisa swasembada daging pada 2023 mendatang. 

"Target kami kalau tidak 2022 atau 2023," kata Kepala Dinas Pertanian Kotim, I Made Dikantara, Kamis, 23 Januari 2020. 

Sebenarnya sejak saat ini, pihaknya sudah berupaya untuk mencaai target tersebut. Namun karena populasi sapi di Kotim hanya 7.000 ekor. Sementara daerah ini membutuhkan 30 ribu ekor sapo per tahunnya. 

Pihaknya berupaya untuk menggaet pihak ketiga untuk mengembangkan sawit sapi. Terutama para perusahaan perkebunan kelapa sawit di daerah ini. 

"Agar dapat mencapai swasembada daging tersebut, kami menggandeng perusahan besar swasta. Agar mereka bisa menyuplai sapi untuk para kelompok ternak di daerah ini," kata Made. 

Dia menerangkan, memang sulit untuk menyentuh populasi sapi sebesar 30 ribu ekor tersebut. Namun upaya akan terus dilakukan dengan menggandeng perusahaan.

"Kalau menunggu bantuan dana dari APBD akan sangat sulit. Karena dana terbatas, sehingga upaya yang bisa dilakukan yakni menggandeng PBS," terang Made. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru